Pemaafan dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja dari Keluarga yang Bercerai
Abstract
Remaja dari keluarga yang bercerai memiliki pola perilaku yang berbeda jika dibandingkan
dengan remaha dari keluarga yang utuh. Kehadiran yang berbeda dari sosok ayah atau ibu dapat
mengganggu perkembangan dan pencapaian remaja dalam memenuhi kesejahteraan
psikologisnya. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa remaja dari
keluarga yang bercerai memiliki kecenderungan perilaku yang berbeda dan tidak sesuai,
kondisi perceraian orang tua tersebut mempengaruhi kondisi kesejahteraan psikologis pada
remaja. Beberapa dampak yang dialami remaja adalah kesulitan mengontrol emosi, merasa
sedih, merasa asing, serta menyalahkan diri sendiri. Dampak-dampak yang terjadi ini mampu
menghambat remaja dalam memenuhi kesejahteraan psikologisnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara pemaafan dan kesejahteraan psikologis pada remaja dari
keluarga yang bercerai. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah remaja usia 17-26 tahun
yang memiliki orang tua bercerai. Responden yang terkumpul sejumlah 160 remaja,
diantaranya adalah 17 remaja berjenis kelamin laki-laki dan 143 remaja berjenis kelamin
perempuan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat pemaafan maka
semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis pada remaja dari keluarga yang bercerai. Hasil
penelitian yang dilakukan menunjukan nilai r = 0,320, dan p = 0,000. Berdasarkan nilai
signifikansi yang tertera, dapat disimpulkan bahwa pemaafan dan kesejahteraan psikologis
memiliki hubungan yang signifikan dan positif. Hasil tersebut mennunjukan bahwa semakin
tinggi pemaafan pada remaja, maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologisnya. Hasil ini
sesuai dengan hipotesis yang diajukan bahwa tingkat pemaafan mampu meningkatkan
kesejahteraan psikologis pada remaja dari keluarga yang bercerai. Jadi dapat disimpulkan
bahwa pemaafan mampu meningkatkan kesejahteraan psikolgis pada remaja yang terdampak
dari perceraian orang tuanya.
Collections
- Psychology [2192]