Show simple item record

dc.contributor.authorNurjanah, Umi
dc.date.accessioned2024-04-29T02:33:45Z
dc.date.available2024-04-29T02:33:45Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48702
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan e-modul kimia berbasis etnosains dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D dengan 1 tahapan yaitu, define yang berarti menganalisis permasalahan dan kebutuhan pembelajaran kimia kepada guru dan peserta didik. Pada tahap define ada 3 langkah yang dilakukan yaitu front-end analysis, learner analysis, and concept analysis. 3 langkah tersebut memuat instrumen analisis kebutuhan guru dan peserta didik yang terdiri dari 6 aspek (1) kurikulum, (2) proses pembelajaran kimia (3) pendekatan pembelajaran kimia berbasis etnosains (4) Media pembelajaran, (5) prestasi belajar dan keterampilan sains (6) e-modul kimia berbasis etnosains. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner terbuka. Teknik analisis data menggunakan persentase. Penelitian ini dilakukan di 5 Sekolah Menengah Atas yang ada di Kecamatan Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian, guru sangat setuju dengan e-modul kimia berbasis etnosains yang menjadi alternatif media pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan proses sains peserta didik di kelas. selanjutnya 71% peserta didik tertarik dengan e-modul kimia dan 81% peserta didik setuju jika dikembangkanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Kebutuhanen_US
dc.subjectE-Modul Kimiaen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectEtnosainsen_US
dc.titleAnalisis Kebutuhan E-modul Kimia Berbasis Etnosains dalam Implementasi Kurikulum Merdekaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19614004


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record