Analisis Kebutuhan E-modul Kimia Berbasis Etnosains dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan e-modul kimia
berbasis etnosains dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan 4-D dengan 1 tahapan yaitu, define yang berarti menganalisis
permasalahan dan kebutuhan pembelajaran kimia kepada guru dan peserta didik. Pada
tahap define ada 3 langkah yang dilakukan yaitu front-end analysis, learner analysis, and
concept analysis. 3 langkah tersebut memuat instrumen analisis kebutuhan guru dan peserta
didik yang terdiri dari 6 aspek (1) kurikulum, (2) proses pembelajaran kimia (3) pendekatan
pembelajaran kimia berbasis etnosains (4) Media pembelajaran, (5) prestasi belajar dan
keterampilan sains (6) e-modul kimia berbasis etnosains. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner terbuka. Teknik analisis data menggunakan persentase. Penelitian
ini dilakukan di 5 Sekolah Menengah Atas yang ada di Kecamatan Yogyakarta.
Berdasarkan hasil penelitian, guru sangat setuju dengan e-modul kimia berbasis etnosains
yang menjadi alternatif media pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman dan
keterampilan proses sains peserta didik di kelas. selanjutnya 71% peserta didik tertarik
dengan e-modul kimia dan 81% peserta didik setuju jika dikembangkan
Collections
- Chemistry Education [328]