Perancangan Ulang User Experience Pada Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini dengan Metode Design Thinking
Abstract
Fase usia dini pada anak usia dini merupakan fase dalam pertumbuhan dan perkembangan
yang pesat, khususnya pola tumbuh kembang, kecerdasan, sosial emosional, dan bahasa atau
bisa juga disebut dengan masa golden age. Perkembangan anak saat ini, dapat dibantu dengan
teknologi. Salah satunya penggunaan gadget pada anak usia dini yang sudah familiar, dapat
dimanfaatkan pada aplikasi pembelajaran untuk mereka belajar. Namun, anak usia dini
merupakan pengguna baru dalam penggunaan aplikasi yang perlu dipertimbangkan pada
desain, karena kemampuan kognitif mereka yang terbatas, keterampilan motorik yang buruk,
perkembangan individu, dan kurangnya pengalaman sebelumnya. Oleh karena itu, dalam
perancangannya, disesuaikan dalam kebutuhan pada anak usia dini dengan melakukan survey
aplikasi pembelajaran yang sudah ada secara langsung pada lokasi yang ditargetkan. Sehingga
hasil desain yang dirancang layak dan sesuai untuk pembelajaran anak usia dini pada aplikasi.
User Experience merupakan elemen utama dalam merancang suatu aplikasi hingga merancang
User Interface pada tampilan. Menggunakan metode Design Thinking dalam merancang
UI/UX pada aplikasi pembelajaran terdapat 5 tahapan yakni, empathize, define, ideate,
prototype, dan test. Pengujian terhadap rancangan aplikasi ini adalah Usability Testing
menggunakan tools Maze.co dengan hasil masuk dalam kategori Tinggi, yaitu rata-rata nilai
pengujian 94.
Collections
- Informatics Engineering [2177]