Pengaruh Komunikasi Persuasif Dalam Endorsement Instastory Akun Instagram @fadiljaidi Terhadap Minat Beli Para Followers
Abstract
Fadil Jaidi merupakan salah satu influencer yang sering melakukan promosi produk
melalui sosial medianya yaitu Instagram. Fadil Jaidi melakukan aktivitas promosi dengan
menggunakan komunikasi persuasif untuk membujuk para followers nya yang diunggah
melalui instastory. Followers Fadil Jadil mencapai 9,9 juta pengikut. Instagram merupakan
salah satu sosial media yang sangat tepat dalam melakukan promosi, juga influencer yang
menarik dapat mempengaruhi followers dalam meningkatkan minat beli. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan serta mendapatkan informasi mengenai pengaruh komunikasi
persuasif terhadap minat beli followers Fadil Jaidi melalui instastory. Penulis menggunakan
beberapa konsep pendukung diantaranya Celebrity Endorser, Komunikasi Persuasif, Minat
Beli, dan juga AIDA. Penghimpunan data dilaksanakan memakai kuesioner yang dibuat
melalui Google Form dan disebar secara online. Di studi ini sampel berjumlah 100 responden
memakai teknik non probability dengan spesifikasi jenis teknik purposive sampling. Hasil yang
diperoleh ialah ada pengaruh komunikasi persuasif terhadap minat beli endorsement pada
instastory akun @fadiljaidi berdampak sebesar 72,7% sedangkan 27,3% lainnya dipangaruhi
oleh faktor lain. Pengaruh Komunikasi Persuasif memiliki hubungan yang positif dan
berpengaruh signifikan pada Minat Beli bernilai T-statistic bernilai 39.098%. yang artinya
memiliki nilai lebih besar dari 1.96, begitupun nilai path coefficient yang bernilai 0.853 yang
artinya memiliki nilai lebih besar dari 0. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa variabel minat
beli followers Fadil Jaidi berpengaruh terhadap komunikasi persuasif yang dilakukan.
Collections
- Communication [964]