Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Produk Mobil Suzuki Ertiga Dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM)
Abstract
Mobil adalah salah satu model transportasi yang digunakan manusia untuk
menunjang aktivitas sehari-hari sehingga permintaan mobil banyak membuat
para produsen mobil bersaing untuk menawarkan produk mereke. Kepuasan
konsumen adalah perasaan senang dan kecewa yang dirasakan oleh konsumen
atas harapan dan kinerja produk yang digunakan, maka produsen mobil
berusahan membuat puas konsumen dan calon konsumen. Mewujudkan
kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas
produk, kualitas pelayanan, dan membangun citra merek ke konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor kualitas produk
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan mobil suzuki
ertiga (2) Mengetahui faktor kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan
kosumen dalam menggunakan mobil suzuki ertiga (3) Mengetahui faktor citra
merek berpengaruh terhadap kepuasan kosumen dalam menggunakan mobil
suzuki ertiga (4) Mengetahui faktor yang dominan berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen. Objek penelitian ini adalah pengguna mobil Suzuki Ertiga
di area Yogyakarta. Data yang digunakan 200 kuisioner yang telah di sebar
kemudian data di rekapitulasi dengan SPSS Lalu di olah secara statistik dengan
metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang diperoleh bahwa
faktor kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan
nilai p (0,029 < 0,05). Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap
kepuasan konsumen dengan nilai p (0,011 < 0,05). Citra merek berpegaruh
positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai p (0,009 < 0,05). Faktor yang
paling berpegaruh positif terhadap kepuasan konsumen adalah citra merek.
Kata kunci : kepuasan konsumen, kualitas produk, kualitas pelayanan,
citra merek, Structural Equation Modeling
Collections
- Industrial Engineering [2265]