STRATEGI PEMASARAN UNTUK UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN KPR DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG CILEGON
Abstract
Dunia perbankan, mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan begitu
maka persaingan antara produk-produk perbankan tidak dapat terhindarkan dan
semakin ketat. Salah satunya yaitu pada produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR).
Perbankan harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan efisian, sehingga
mendukung kegiatan operasional perusahaan untuk menguasai segmen pasar, serta
pula memiliki daya tarik untuk memasarkan produk KPR agar dapat menarik minat
konsumen serta bersaing dengan perbankan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan taktik dan strategi pemasaran
Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Cilegon dalam meningkatkan jumlah
nasabah pada produk pembiayaan KPR. Metodologi yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan
penelitian kepustakaan, yaitu teknik pengumpulan data dengan menggunakan
sumber tertulis. Penelitian lapangan, yaitu teknik dengan pengumpulan data dengan
metode observasi, wawancara dengan karyawan bagian Marketing Bank Tabungan
Negara Kantor Cabang Cilegon yang bertanggung jawab atas pemasaran produk
KPR sehingga mendapatkan data yang akurat pada proses penelitian yang diteliti.
Melalui wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa strategi pemasaran yang
dilakukan Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Cilegon dalam memasarkan
produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah dengan menggunakan Segmenting,
Targeting, Positioning (STP) dan juga Marketing Mix 3P (Product, Price,
Promotion).
Collections
- Management [4703]