PENGARUH BERBAGI INFORMASI, KEPERCAYAAN, HUBUNGAN JANGKA PANJANG, KOLABORASI TERHADAP KINERJA RANTAI PASOK MANAJEMEN (Studi pada UMKM Toko Retail Bahan Bangunan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh berbagi informasi, kepercayaan,
hubungan jangka panjang, dan kolaborasi terhadap kinerja manajemen rantai pasok.
Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan UMKM Toko Retail Bahan
Bangunan di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Sampel pada penelitian ini
sebanyak 37 Toko Retail Bahan Bangunan di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert.
Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara berbagi informasi
terhadap kinerja rantai pasok, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t variabel berbagi
informasi terhadap kinerja rantaipasok dengan signifikansi 0,018 < 0,05. Bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan terhadap kinerja rantai
pasok, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t variabel kepercayaan terhadap kinerja
rantaipasok dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara hubungan jangka panjang terhadap kinerja rantai pasok, hal ini
dibuktikan dengan hasil uji-t variabel hubungan jangka panjang terhadap kinerja
rantai pasok dengan signifikansi 0,013 < 0,05. Bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kolaborasi terhadap kinerja rantai pasok, hal ini dibuktikan dengan
hasil uji-t variabel kolaborasi terhadap kinerja rantai pasok dengan signifikansi
0,000 <0,05.
Collections
- Management [4703]