Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Cost Of Debt Perusahaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengungkapan corporate social
responsibility terhadap cost of debt. Kegiatan corporate social responsibility (CSR)
dinilai oleh kreditur berdasarkan pengungkapan informasi CSR perusahaan melalui
laporan tahunan perusahaan. Untuk pengungkapan CSR dinilai dengan menggunakan
skor berdasarkan pedoman GRI G4 yang terdiri dari 91 indikator. Pengujian hipotesis
dengan model regresi linier berganda yang menggunakan total sampel 382
“perusahaan-tahun” (observasi) perusahaan yang terdaftar di indeks KOMPAS 100
periode 2012 sampai 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan
CSR secara keseluruhan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap cost of debt.
Semakin tinggi pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan maka akan
menurunkan biaya utang (cost of debt).
Collections
- Management [4703]