ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA periode 2010 – 2016
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang di buat untuk mengetahui faktor –
faktor yang mempengaruhi penerimaan Pajak Reklame di Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta, Pajak Reklame merupakan salahsatu sumber pendapatan bagi
Pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dilihat dari data yang ada
penerimaan pajak reklame dari tahun 2010 – 2016 mengalami fluktuasi namun
secara umum kecenderungan meningkat. Model yang di gunakan pada penelitian ini
ialah olahan panel data yaitu gabungan dari data time series dan crossection.
Variabel yang di gunakan adalah Pajak Reklame sebagai variabel dependen dan
jumlah penduduk, jumlah industri,PDRB perkapita dan Jumlah wisatawan sebagai
variabel independen.
Hasil regresi yang dilakukan secara bersama-sama Jumlah Penduduk,Jumlah
Industri,PDRB perkapita dan jumlah wisatawan menunjukan seluruh variabel
mempengaruhi penerimaan pajak reklame Daerah Istimewa Yogyakarta. Nilai R-
squared sebesar 0.974967 dapat diartikan variabel independent mempengaruhi
sebesar 97% pajak reklame sedangkan untuk sisanya sebesar 3% dijelaskan oleh
variabel lain. Berdasarkan hasil uji individu yang dilakukan menunjukan jumlah
Penduduk berpengaruh signifikan negative, Jumlah Industri berpengaruh signifikan
positive terhadap pajak reklame sedangkan PDRB perkapita dan Jumlah Wisatawan
tidak berpengaruh terhadap pajak reklame.
Collections
- Economics [2260]