PENGARUH LUASNYA KREATIVITAS BERSAMA TERHADAP KINERJA INOVASI MELALUI INOVASI PRODUK DAN BERBAGI PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI “STUDI KASUS PADA UKM KERAJINAN PERAK DI DAERAH KOTAGEDE YOGYAKARTA”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Luasnya Kreativitas
Bersama Terhadap Kinerja Inovasi melalui Inovasi Produk dan Berbagi Pengetahuan
sebagai Variabel Mediasi: Studi Kasus pada UKM Kerajinan Perak di Daerah
Kotagede Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik
atau pengusaha dari UKM perak di Kotagede Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience simple random sampling
method. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 40 responden.
Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan
menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Dari penelitian ini, diperoleh hasil
bahwa luasnya kreativitas bersama dari lingkungan eksternal berpengaruh positif
terhadap inovasi produk, inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja inovasi,
luasnya kreativitas bersama dari lingkungan eksternal berpengaruh positif terhadap
kinerja inovasi melalui inovasi produk sebagai variable mediasi, luasnya kreativitas
bersama dari lingkungan eksternal berpengaruh positif terhadap berbagi pengetahuan,
berbagi pengetahuan berpengaruh positif terhadap inovasi produk dan berbagi
pengetahuan berpengaruh positif terhadap kinerja inovasi melalui inovasi produk
sebagai variable mediasi.
Collections
- Management [4703]