Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Kedekatan, dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Hubungan Nasabah Bank Syariah Di Yogyakarta dan Jawa Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, komitmen, kedekatan, dan
loyalitas pelanggan terhadap hubungan nasabah bank syariah di Yogyakarta dan Jawa Timur.
Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah masyarakat Daerah Istimewa
Yogyakarta dan Jawa Timur yang menjadi nasabah bank syariah. Data dalam penelitian ini
menggunakan data primer dengan 200 responden. Penelitian ini menggunakan teknik
pengambilan sampel accidental sampling. Uji analisis dilakukan dengan menggunakan
metode SEM dan diolah menggunakan aplikasi AMOS versi 22.0. Data variabel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kepercayaan, komitmen, kedekatan pelanggan, dan
loyalitas pelanggan. Variabel-variabel tersebut membentuk tujuh hipotesis. Hasil dari analisis
data berhasil menunjukkan ketujuh hipotesis signifikan. (1) Kepercaaan berpengaruh positif
dengan komitmen, (2) Kepercayaan berpengaruh positif dengan Kedekatan nasabah, (3)
Kepercayaan berhubungan positif dengan loyalitas nasabah, (4) Komitmen berpengaruh
positif dengan loyalitas nasabah, (5) Komitmen mampu memediasi pengaruh kepercayaan
terhadap loyalitas nasabah, (6) Kedekatan berpengaruh positif dengan loyalitas nasabah, dan
(7) Kedekatan nasabah mampu memediasi pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Switching Cost, Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Penelitian Survey pada Pelanggan Hand phone Nokia )
Chandra Haris Y (Universitas Islam Indonesia, 2008)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa besar pengaruh Switching cost, Kepuasan pelanggan dan Kepercayaan pelanggan secara bersama sama terhadap Loyalitas pelanggan; serta variabel apakah yang paling dominan ... -
Analisis Hubungan Kepuasan Pelanggan, Citra Merek Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Handphone Samsung (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Handphone Samsung Di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Uii Yogyakarta)
Billy Febrian Ghafar (Universitas Islam Indonesia, 2016)Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara kepuasan pelanggan, citra merek, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pengguna handphone Samsung di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas ... -
Analisis Kualitas Pelayanan, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan studi kasus pelanggan Indomaret di Tempel Kabupaten Sleman
Ramadhani, Bagas Farhan (Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada studi kasus pelanggan Indomaret di Kabupaten Sleman Kecamatan Tempel. Metode yang ...