Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Niat Pembelian Produk Kosmetik Maybelline di Media Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas informasi,
kredibilitas informasi, sikap terhadap informasi, kegunaan informasi, dan adopsi
informasi terhadap niat pembelian pada produk kosmetik Maybelline di media
sosial. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah perempuan di
Indonesia yang akan atau belum menggunakan produk kosmetik Maybelline.
Jumlah sampel sebanyak 213 responden dengan kriteria perempuan 17-60 tahun
yang akan atau belum menggunakan dan sedang mencari informasi produk atau
jasa di media sosial. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner
secara survey online melalui google form. Teknik analisis data menggunakan
Structural Equation Model (SEM) pada progam AMOS 22. Hasil penelitian
membuktikan bahwa kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kegunaan
informasi, kredibilitas dan sikap informasi berpengaruh positif terhadap kegunaan
informasi, sikap informasi tidak berpengaruh terhadap niat pembelian, kegunaan
informasi berpengaruh positif terhadap adopsi informasi, dan adopsi informasi
berpengaruh positif terhadap niat pembelian.
Collections
- Management [4703]