PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2015-2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi tingkat
pengungkapan tanggung jawab sosial dengan menggunakan satu variabel moderasi
yaitu Good Corporate Governance (GCG) pada perbankan syariah. Objek
penelitian ini adalah 14 perbankan syariah di Indonesia selama lima tahun periode
tahun 2015-2019. Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah
profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan. Good Corporate Governance
(GCG) sebagai variabel moderasi sementara untuk variabel dependen adalah
Islamic Social Reporting (ISR). Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif. Metode analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis
Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage dan ukuran
perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada
perbankan syariah di Indonesia. Sementara itu hanya ukuran perusahaan yang
terbukti dimoderasi oleh Good Corporate Governance (GCG) dalam melakukan
pengungkapan tanggung jawab sosial pada perbankan syariah di Indonesia.
Collections
- Akuntansi [4660]