Pengaruh Electronic Word of Mouth Melalui Media Sosial Terhadap Niat Pembelian Produk The Body Shop di Masa New Normal Pandemi COVID-19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari electronic
word of mouth (kualitas informasi, kredibilitas informasi, kegunaan informasi,
adopsi informasi) terhadap niat beli konsumen pada produk The Body Shop.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah atau sedang
menggunakan produk The Body Shop. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 205
orang, dengan kriteria masyarakat minimal umur 15 tahun, pernah atau sedang
menggunakan produk The Body Shop dan mencari informasi melalui media sosial
sebelum membeli. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah
purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation
Modeling (SEM) dan diolah dengan program AMOS 23. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kredibilitas informasi berpengaruh
positif terhadap kegunaan informasi, kegunaan informasi berpengaruh positif
terhadap adopsi informasi, dan adopsi informasi berpengaruh positif terhadap niat
beli konsumen. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu masih menggunakan semua
situs media sosial. Penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi pemasar
perusahaan untuk menyebarkan electronic word of mouth.
Collections
- Management [4703]