Hubungan antara Kecemasan dengan Prestasi Belajar
Abstract
Prestasi belajar adalah hasil yang di peroleh seseorang dalam menuntut
pelajarannya di sekolah sebagaimana dinyatakan dalam bentuk angka pada nilai
raportnya sebagai hasil dari belajamya (Wirawan, dalam Khusna,
2002). Kecemasan adalah suatu pengalaman kejiwaan yang menganggu
terwujudnya perilaku yang sehat, apakah diri seseorang ini akan aman dan
terbebas dari rasa derita ataukah kemungkinan besar akan terancam bahaya
(Wignyosoebroto, dalam Kuswardani, 2000).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan
dengan prestasi belajar. Hipotesis yang di ajukan adalah ada hubungan antara
kecemasan dengna prestasi belajar, semakin tinggi kecemasan semakin rendah
prestasi belajar dan juga sedangkan semakin rendah kecemasan akan semakin
tinngi prestasi belajar.
Subjek penelitian adalan 73 siswa-siswi SMU N 2 NGAGLIK yang duduk
di kelas dua. Alat pengumpul data adalah skala kecemasan yang di susun sendiri
oleh peneliti sedangkan prestasi belajar adalah didapat dari rerata tiga kali nilai
ulangan harian. Data yang diperoleh dianalisis dengna menggunakan Korelasi
Product Moment dari Pearson.
Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara
kecemasan dengan prestasi belajar (rxy = 0, 234, p = 0, 023 atau 0,05 < P,< 0. 01 )
signifikansi 5%. Maka dari hasil yang didapat bisa membuktikan hipotesis yang
diajukan.
Kata Kunci: Kecemasan, Prestasi Belajar, Pendidikan, Siswa-siswi SMU
Collections
- Psychology [2187]