Sekolah Terpadu TK & SD di Palembang "Transformasi Karakteristik Sekolah Tomoe Gakuen Dalam Novel Totto-Chan pada Penataan Massa Bangunan”
Abstract
Keberhasilan pendidikan bagi anak ditentukan oleh pendidikan yang
dilakukan sejak usia dini. Namun pendidikan formal yang dijalankan
selama ini telah menjadi kegiatan yang begitu rumit, kaku, dan terlalu
diatur sehingga proses belajar dianggap sebagai sesuatu yang sulit dan
otak lebih suka tidak melakukannya. Tujuan pendidikan pada umumnya
adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak didik untuk
mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal. Karena
setiap orang memiliki kemampuan serta bakat yang berbeda-beda.
Namun perlu disadari bahwa keberbakatan bukan hanya tergantung pada
tingkat kecerdasan (IQ) yang tinggi, melainkan juga kreatifitas dan
motivasi untuk berprestasi1.
Lingkungan menjadi salah satu media yang efektif untuk anak maupun
pengajar dalam proses belajar mengajar. Anak lebih senang melakukan
pembelajaran secara langsung pada media yang dituju. Karena hal ini
mampu mengembangkan daya imajinasi dan kretifitas anak.
Transformasi karakter sekolah Tomoe Gakuen dalam novel Totto
Chan, memperlihatkan semangat anak-anak dalam melakukan
pembelajaran. Dengan media lingkungan mereka mampu menyerap
pelajaran dengan mudah. Hal inilah yang ingin ditampilkan pada
perancangan Sekolah Terpadu Taman kanak-kanak dan Sekolah Dasar di
Palembang ini. Perancangan dilakukan dengan menganalisa kegiatan
serta hubungan tata massa yang terdapat pada sekolah Tomoe Gakuen
dalam novel Totto Chan, yang kemudian dituangkan dalam perencanaan
rancangan sekolah terpadu di palembang.
Collections
- Architecture [3718]