Hubungan antara Sensation Seeking dengan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa
Abstract
Minat berwirausaha adalah pemusatan perhatian individu terhadap
pekerjaan wirausaha dan dengan senang hati melakukan aktivitas-aktivitas yang
berhubungan dengan pekerjaan wirausaha. Sensation seeking adalah dorongan
untuk mencari stimulus yang menantang, berusaha untuk mendapatkan taraf
arousal yang optimal melalui berbagai aktivitas yang baru dan luar biasa
walaupun mengandung resiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh sensation seeking dengan minat berwirausaha pada mahasiswa.
Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara sensation seeking dengan
minat berwirausaha pada mahasiswa.
Sampel penelitian adalah 78 orang, yang berstatus mahasiswa minimal
menginjak semester tiga pada Fakuitas Psikologi Universitas Islam Indonesia.
Alat pengumpul data yang dipakai adalah Skala Sensation Seeking dan Skala
Minat Berwirausaha.
Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment
dari Pearson. Hasil analisis r = 0,588 dengan nilai signifikansi p = 0,01. Hal ini
menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara Sensation
Seekingdengan Minat Berwirausaha pada mahasiswa.
Kata Kunci: Sensation Seeking dan Minat Berwirausaha
Collections
- Psychology [2270]