Pengaruh Strategi Inovasi terhadap Kinerja Operasional Perusahaan (Studi Industri Makanan dan Minuman pada UKM di Wilayah Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi inovasi terhadap kinerja operasional. Populasi yang digunakan dalam peneltian ini adalah UKM industri makanan dan minuman di Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa secara keseluruhan strategi inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional, kemudian secara pasial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari strategi analisis, strategi defensif dan strategi jangka panjang terhadap kinerja operasional, namun hasil penelitian secara parsial juga menunjukkan ada pengaruh positif tetapi tidak signifikan pada strategi pengambilan risiko terhadap kinerja perusahaan. Disamping itu hasil penelitian secara parsial juga mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan pada strategi agresivitas dan pengaruh negatif tetapi tidak signifikan pada strategi proaktif terhadap kinerja perusahaan.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penerapan Blue Ocean Strategy Sebagai Strategi Keunggulan Kompetetif (Studi Kasus : UKM Puri Perabot)
Meilanra, Fitra (Universitas Islam Indonesia, 2017-05-15)Ketatnya persaingan menyebabkan setiap industri harus mampu bersaing sehingga industri tersebut bisa berkembang. Persaingan penjualan produk hasil kerajinan tangan dan furniture saat ini tidak hanya terjadi di tingkat ... -
Usulan Perancangan Strategi Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy dalam Upaya Memenangkan Persaingan (Studi Kasus di Cv. Fikki, Sleman, Yogyakarta)
Marsudi, Didik (Universitas Islam Indonesia, 2017-01-03)CV Fikki Yogyakarta merupakan salah satu bentuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman ringan. CV Fikki memproduksi berbagai jenis snack sebagai produk andalan. Produk-produk tersebut yaitu makaroni, stik ... -
Analisis Perancangan Strategi dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Penjualan dalam Persaingan Bisnis (Studi Kasus di Kedai Kopi Nongkring)
Rizky Ikhwan, 10522190 (Universitas Islam Indonesia, 2018-03-08)Kedai Kopi Nongkring merupakan suatu usaha dagang yang bidang usahanya café dan juga menyediakan kopi yang telah dikemas. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak usaha yang sama bermunculan maka Kedai ...