Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia Kelas X IIS MA Sunan Pandanaran Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia kelas X IIS MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. Aktivitas belajar siswa diukur menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer untuk mengamati keaktivan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan prestasi belajar siswa ranah pengetahuan diukur dengan membandingkan hasil post test kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT dengan hasil post test kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah, dan untuk prestasi belajar ranah sikap diukur dengan angket sikap yang diberikan setelah pembelajaran selesai dilaksanakan. Hasil penelitian untuk aktivitas belajar ditunjukkan dengan menggunakan uji statistik nonparametris Mann Whitney dengan signifikansi 0,010 terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Sedangkan hasil penelitian untuk prestasi belajar siswa ranah pengetahuan terhadap pelajaran kimia yang ditunjukkan menggunakan uji statistik nonparametris Mann Whitney dengan signifikansi 0,193 tidak ada perbedaan dan untuk prestasi belajar ranah sikap ditunjukkan dengan menggunakan uji statistik parametrik Independent Sample T-Test dengan signifikamsi 0,131 tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Collections
- Chemistry Education [324]