FASILITAS PENDIDIKAN TERPADU BAGI ANAK PRA-SEKOLAH DI UNGARAN Penekanan Pada Tata Ruang Dalam dan Tata Ruang Luar Yang Dinamis dan Interaktif
Abstract
Fasilitas pendidikan terpadu bagi anak pra-sekolah di Ungaran merupakan sarana
dan pra-sarana yang berupaya membantu perkembangan jasmani dan rohani untuk
memperbaiki mutu pendidikan anak-anak di masa depan. Upaya yang dilakukan untuk
membantu perkembangan motorik, kognitif dan afektif, adalah dengan membuat tata
ruang luar dan tata ruang dalam bangunan yang Dinamis dan Interaktif. Ungkapan nilai
Dinamis dan Interaktif tersebut diperoleh dengan melakukan studi kasus untuk
menentukan bentuk massa, sirkulasi ruang luar, orientasi bangunan, entrance site dan tata
ruang dalam.
Skematik desain meliputi penerapan nilai Dinamis dan Interaktif fasilitas
pendidikan terpadu pada site di Ungaran, yang ditunjukkan dengan analisa dan skema.
Skema perwilayahan kegiatan merupakan pembagian bangunan menjadi massa privat
meliputi area belajar dan massa service untuk ruang makan bersama. Skema gubahan
massa terbentuk dari pola pergerakan anak yang menerus, dengan orientasi bangunan
dominasi menghadap bagian dalam/ open space sebagai ruang bermain terbuka. Skema
sirkulasi ruang luar dibuat mengikuti bentuk massa dengan menggunakan pola gabungan
linier dan radial. Entrance bangunan terbagi menjadi 2, Main entrance berada disebelah
barat site dibuat dengan membelokkan sirkulasi dan tertutup bidang vertical untuk
menghindari anak-anak keluar dari site. Side entrance terletak di selatan site untuk
menghindari kemacetan pada simpang tiga jalan dan berdekatan dengan area parkir.
Skema tata hijau ditata dengan meletakkan pohon besar di sisi site sebagai barier dan
mengurangi kebisingan suara, sedangkan pohon kecil diletakkan sepanjang pedestrian
sebagai peneduh.
Pengembangan desain adalah hasil akhir dari konsep nilai Dinamis dan Intreraktif
yang telah disusun. Aplikasi tersebut diungkapkan melalui variasi ketinggian atap pada
studio musik dan perpustakaan denga ketinggian mencapai 6 meter sehingga terkesan
monumental. Kombinasi warna cerah seperti hijau pada massa service, biru muda pada
massa pendidikan dan orange pada studio musik dan perpustakaan dapat membangkitkan
perasaan gembira. Permainan perulangan bidang seperti shadding denga jarak 60cm
untuk menciptakan kesan aktif. Transparansi / bukaan dengan bentuk persegi, lingkaran
dan segi tiga dapat membantu meningkatkan rasa ingin tahu pada anak-anak.
Collections
- Architecture [3718]