STRATEGI MANAJEMEN ISU HUMAS PERGURUAN TINGGI DALAM MENGHADAPI ISU NEGATIF (Studi Deskriptif Manajemen Humas Universitas Gadjah Mada Dan Universitas Islam Negeri Sunan Dalam Menghadapi Isu Negatif)
Abstract
Isu negatif adalah masalah yang harus diperhatikan oleh perguruan tinggi, sebuah isu
kadang tidak diperhatikan karena pada tahap awal isu ini dampak nya sangak kecil, tetapi isu
bisa berubah menjadi masalah besar jika tidak di tindak lanjuti dengan benar, isu bisa
berubah menjadi sebuah krisis yang bisa merusak nama baik dari perguruan tinggi, dari
sinilah dibutuhkan peran humas perguruan tinggi untuk mengatasi masalah isu negatif. Jika
humas melakukan manajemen isu dengan baik maka isu negatif akan di selesaikan dengan
optimal
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen isu yang optimal
untuk menangani isu negatif yang menyerang pergguruan tinggi. Di penelitian ini peneliti
menggunakan kualitatif, narasumber dari penelitian ini adalah humas dari Universita Gadjah
Mada dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kedua universitas ini memiliki cara yang
berbeda dalam melakukan manajemen isu, perbedaan ini dilihat dari aktivitas manajemen isu
yang dilakukan oleh humas universitas gadjah mada dan Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga. Universitas Gadjah Mada dalam mengidentifikasi isu menggunakan cara
monitoring secara menyeluruh mulai dari publik internal hingga eksternal dengan
menggunakan media cetak maupun media sosial. Sedangkan humas dari Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga dalam mengidentifikasi isu hanya menggunakan media cetak. Hal ini
menyebabkan perbedaan kecepatan reaksi keduanya dalam menghadapi isu yang menyerang.
Aktivitas humas dari Universitas Gadjah Mada dapat dikatakan aktivitas yang paling optimal
dalam menghadapi isu negatif sedangkan humas Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
dalam menghadapi isu negatif lebih berperan defensif dan menunggu isu negatif menyerang.
Collections
- Communication [945]