STUDI FENOMENOLOGI: PEMAKNAAN PENGALAMAN PENGAJAR MUDA DALAM GERAKAN INDONESIA MENGAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemaknaan dibalik pengalaman pengajar
muda selama terlibat dalam gerakan Indonesia Mengajar. Penelitian kualitiatif ini
menggunakan pendekatan fenomenologi yang terdiri atas lima orang partisipan
dengan kriteria alumni pengajar muda yang berdomisili di Yogyakarta dan bersedia
menjadi partisipan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara mendalam dan menggunakan analisis tematik menggunakan langkah
koding terbuka, koding aksial, dan koding selektif. Dari hasil penelitian ini,
temukan enam tema sebagai gambaran dari pengalaman partisipan, antara lain tema
motivasi, tujuan yang ingin dicapai, tantangan, strategi menghadapi masalah, nilai
dan pandangan, serta pelajaran. Keenam tema tersebut menjelaskan dinamika
pengalaman yang dialami partisipan kemudian memunculkan pemaknaan, yaitu
sebagai suatu proses belajar sekaligus berkontribusi dengan memaksimalkan
kemampuan diri.
Collections
- Psychology [2270]