dc.contributor.advisor | Siska Sulistyorini, S. Pd.I., M.S.I. | |
dc.contributor.author | Murdhiah Nurdin, 14422042 | |
dc.date.accessioned | 2018-08-27T12:15:01Z | |
dc.date.available | 2018-08-27T12:15:01Z | |
dc.date.issued | 2018-08-15 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9926 | |
dc.description.abstract | Anak usia dini identik dengan masa golden age, masa tersebut merupakan usia keemasan anak. di periode ini perkembangan otak anak akan mencapai 80%. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan karena banyak lembaga PAUD belum memenuhi standar khususnya standar proses (penggunaan metode pengajaran oleh guru tidak sesuai dengan umur anak) dan standar tenaga kependidikan (kualifikasi guru yang mengajar yang kurang kompeten). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran dalam pengoptimalan perkembangan golden age anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan fild research dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, metode pengumpulan yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman: Pengumpulan data, Reduksi Data, Display data, Kesimpulan
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengoptimalan Perkembangan golden age di TK Bianglala dilakukan dengan menggunakan metode ekplorasi. Penekanan akan aspek sosial emosional tidak berarti sekolah ini tidak memperhatikan potensi dan bakat anak. Agar potensi dan minat anak tercapai sekolah memfasilitasi kelas ekstra. Antara aspek sosial emosional yang dikedepankan TK Bianglala memiliki kesamaan dengan konsep Taksonomi Bloom dalam aspek kognitif “penerapan”. Singkronisasi kedua aspek tersebut pada tahap kemandirian anak. selain tantangan dalam penerapan Metode pembelajaran Durasi waktu pembelajaran yang singkat serta kemampuan anak yang berbeda-beda sehingga tidak semua kebutuhan anak dapat ditangani sekolah. Adapun manfaat dari penerapan metode tersebut ialah anak terlibat langsung dalam semua metode pembelajaran sehingga guru lebih mudah untuk menjelaskan pelajaran kepada anak didik. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Metode Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Golden age | en_US |
dc.title | METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGOPTIMALAN PERKEMBANGAN GOLDEN AGE ANAK USIA DINI DI TK BIANGLALA YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |