FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN E-COMMERCE DI YOGYAKARTA
Abstract
Pengangguran merupakan permasalahan yang masih dihadapi oleh setiap negara dan angka perngangguran tertinggi berasal dari kalangan terdidik. Menumbuhkan jiwa berwirausaha merupakan suatu usaha untuk menekan permasalahan ini, disertai dengan kemajuan teknologi (e-commerce) yang dapat dimanfaatkan untuk proses berwirausaha sehingga dapat lebih mudah terlaksana. Penelitian ini dilakukan karena secara umum mahasiswa khususnya di Yogyakarta mulai menggunakan e-commerce dalam berwirausaha, sehingga penelitian ini dapat menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa berwirausaha menggunakan e-commerce. Selain itu untuk melihat pengaruh faktor persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap dan norma subjektif terhadap niat perilaku menggunakan e-commerce dalam berwirausaha. Sampel berjumlah 94 yang diambil secara acak dari mahasiswa yang telah menggunakan e-commerce di Yogyakarta. Data diolah dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel secara positif berpengaruh signifikan terhadap niat perilaku.
Collections
- Akuntansi [4399]