Show simple item record

dc.contributor.advisorFaizul Chasanah, S.T.,M.Sc.,
dc.contributor.authorHeru Aditriansyah, 12511283
dc.date.accessioned2018-07-27T15:35:27Z
dc.date.available2018-07-27T15:35:27Z
dc.date.issued2018-07-16
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9479
dc.description.abstractKota Batam yang dikenal sebagai kota industri merupakan jalur transportasi penghubung antar negara yang sangat pesat dalam pertumbuhan penduduk dan kepemilikan kendaraan pribadi. Oleh karena itu pada jam sibuk yaitu jam berangkat dan pulang kerja lalu lintas di jalan raya sangat padat oleh karyawan dan buruh pabrik. Kondisi ini menyebabkan tingkat kecelakaan sangat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Batu Ampar kota Batam selama periode 2012-2016, mengetahui faktor – faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di ruas jalan Batu Ampar kota Batam berdasarkan tingkat Accident Rate, dan memberikan alternatif cara pencegahan kecelakaan lalu lintas di masa mendatang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan kondisi saat ini, dengan menggunakan metode Accident Rate. Faktor yang ditinjau adalah jumlah total kecelakaan yang terjadi dan panjang bagian jalan yang diteliti. Nilai Accident Rate yang > 1,0 akan digolongkan kedalam Black Spot dan jika < 1,0 maka digolongkan kedalam Black Site. Hasil analisis kecelakaan berdasarkan Accident Rate dapat diidentifikasikan dalam tiga ruas jalan yaitu jalan Batu Ampar – Simpang Baloi, Simpang Baloi – Sei Harapan, Sei Harapan – Sekupang memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi, yakni lebih dari 1,0. Tingkat kecelakaan tertinggi pada ruas jalan Batu Ampar – Simpang Baloi sebesar 4,86 kecelakaan/km.tahun. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling dominan adalah faktor manusia sebagai pengemudi yang sering lalai dan tidak disiplin dalam berkendara sesuai dengan peraturan berlalu lintas yang ada di Indonesia. Alternatif pencegahan tingkat kecelakaan dengan menggunakan tiga metode yaitu Pre-emtif, Prepentif dan Represif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAccident Rateen_US
dc.subjectHuman Erroren_US
dc.subjectKecelakaanen_US
dc.titleANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN BATU AMPAR KOTA BATAM DENGAN METODE ACCIDENT RATE (ANALYSIS OF TRAFFIC ACCIDENTS AT BATU AMPAR, BATAM WITH ACCIDENT RATE METHOD)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record