dc.contributor.advisor | Faizul Chasanah, S.T.,M.Sc., | |
dc.contributor.author | Heru Aditriansyah, 12511283 | |
dc.date.accessioned | 2018-07-27T15:35:27Z | |
dc.date.available | 2018-07-27T15:35:27Z | |
dc.date.issued | 2018-07-16 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9479 | |
dc.description.abstract | Kota Batam yang dikenal sebagai kota industri merupakan jalur transportasi penghubung
antar negara yang sangat pesat dalam pertumbuhan penduduk dan kepemilikan kendaraan pribadi.
Oleh karena itu pada jam sibuk yaitu jam berangkat dan pulang kerja lalu lintas di jalan raya
sangat padat oleh karyawan dan buruh pabrik. Kondisi ini menyebabkan tingkat kecelakaan sangat
tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecelakaan lalu lintas pada ruas
jalan Batu Ampar kota Batam selama periode 2012-2016, mengetahui faktor – faktor yang menjadi
penyebab kecelakaan di ruas jalan Batu Ampar kota Batam berdasarkan tingkat Accident Rate, dan
memberikan alternatif cara pencegahan kecelakaan lalu lintas di masa mendatang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan
kondisi saat ini, dengan menggunakan metode Accident Rate. Faktor yang ditinjau adalah jumlah
total kecelakaan yang terjadi dan panjang bagian jalan yang diteliti. Nilai Accident Rate yang > 1,0
akan digolongkan kedalam Black Spot dan jika < 1,0 maka digolongkan kedalam Black Site.
Hasil analisis kecelakaan berdasarkan Accident Rate dapat diidentifikasikan dalam tiga ruas
jalan yaitu jalan Batu Ampar – Simpang Baloi, Simpang Baloi – Sei Harapan, Sei Harapan –
Sekupang memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi, yakni lebih dari 1,0. Tingkat kecelakaan
tertinggi pada ruas jalan Batu Ampar – Simpang Baloi sebesar 4,86 kecelakaan/km.tahun. Faktor
penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling dominan adalah faktor manusia sebagai pengemudi
yang sering lalai dan tidak disiplin dalam berkendara sesuai dengan peraturan berlalu lintas yang
ada di Indonesia. Alternatif pencegahan tingkat kecelakaan dengan menggunakan tiga metode yaitu
Pre-emtif, Prepentif dan Represif. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Accident Rate | en_US |
dc.subject | Human Error | en_US |
dc.subject | Kecelakaan | en_US |
dc.title | ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN BATU AMPAR KOTA BATAM DENGAN METODE ACCIDENT RATE (ANALYSIS OF TRAFFIC ACCIDENTS AT BATU AMPAR, BATAM WITH ACCIDENT RATE METHOD) | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |