dc.description.abstract | Dalam memahami tujuan pendidikan banyak teori yang berkembang. Namun tidak semua teori dapat menelaah manusia yang berkembang secara optimal berikut semua potensinya. Maka dalam hal ini perlu adanya pembahasan konsep pengembangan Pendidikan Islam. Melalui analisis komparatif Teori Fitrah dalam Islam dan Teori Nativisme, Empirisme dan Konvergensi sebagai basis teori. Yang bertujuan menemukan konstruksi dan lebih memahamkan juga menambah khazanah keilmuan Pendidikan Islam. Untuk itu, maka yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana Teori Fitrah dalam Islam dan Teori Nativisme, Empirisme dan Konvergensi, juga analisis komparatif keduanya hingga menemukan konstruksi pengembangan pendidikan Islam?. Metode yang digunakan adalah metode library research dan sifatnya deskriptif-analisis, sedangkan analisisnya menggunakan content-analysis. Sebagai sumber buku primer bukunya Yasien Muhammad, Fitrah: The Islamic Concept Of Human Nature dan Murtadha Muthahari, Al-Fitrah, alih bahasa Afif Muhammad, Bedah Tuntas Fitrah. Adapun temuan penelitiannya; Peran Tuhan dalam menurunkan (fitrah) potensi kepada manusia. Pertama, Tuhan sebagai penggerak (Causa Prima). Kedua, Tuhan menurunkan fitrah melalui genetis orangtua. Kontruksi pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Teori Fitrah: Pertama, sebagai penangkal sekularisme di dunia pendidikan Islam. Kedua, pendidikan Islam Berbasis Teori Fitrah membentuk manusia berkualitas atau berkarakter sesuai Alquran. | en_US |