Show simple item record

dc.contributor.advisorLibbie Annatagia, S.Psi., M.Psi
dc.contributor.authoreva rosiana, 12320150
dc.date.accessioned2018-07-16T15:04:45Z
dc.date.available2018-07-16T15:04:45Z
dc.date.issued2018-05-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8833
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dan stres akademik pada mahasiswa kedokteran. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa ada hubungan negatif antara hardiness dan stres akademik pada mahasiswa kedokteran. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan kedokteran yang berusia 18-23 tahun. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres akademik yang dimodifikasi dari skala yang disusun oleh Sari (2016) berdasarkan aspek yang dipaparkan oleh Busari (2011) dan skala hardiness yang digunakan adalah modifikasi dari skala hardiness yang disusun oleh Saputri (2016) berdasarkan aspek yang dipaparkan oleh (Kobasa, 1979). Skala ini digunakan untuk mengungkap stres akademik dan hardiness pada mahasiswa. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dan stres akademik pada mahasiswa kedokteran dengan nilai r = -0,407 dan p = 0,001. Penelitian ini juga mendiskusikan kelemahan dan implikasi pada penulisan ini.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subject: Stres Akademiken_US
dc.subject, Hardinessen_US
dc.subjectMahasiswa Kedokteranen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KEDOKTERANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record