dc.description.abstract | Sekolah dasar merupakan awaf dari rangkaian pendidikan formaf di
Indonesia. Dalam tahap ini anak mulai dikenalkan pada pendidikan yang mengacu pada kurikulum dari pemerintah yang telah diatur dalam undangundang pendidikan. Program pendidikan sembilan tahun yang dicanangkan merupakan Jangkah serius pemerintah daram upaya menfngkatkan kualitas sumber daya manusia.
Pendidikan anak sekaranglni ·lebih rnelihat potensl dalam konteks multiple intelligence mereka, hal itu untuk memberi landasan yang kuat untuk mengembangkan bakat dan kreativitas yang fuas di dafam dirf setfap anak. Bagaimana melatih otak untuk mempelajari hal-hal yang baru yang dlpengaruhi olehllngkungan fisik sekltarnya dalamkaitan membentuk bakat dan kreatifitas anak pada pendidikan dasar.
Pada pendidikan awaf, proses pendidikan difakukan dengan keadaan gembira dan relaks agar anak dapat menjalani proses belajar dengan baik yang diharapl<an anal< dapat berel<splorasl dan bereksperimen secara baik yang pada akhirnya dapat menumbuhkan minat mereka pada sesuatu hal.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung baik ke lokasi proyek di kota Jogjakarta, ke beberapa Full day school, sekolah dasar terpadu, tempat bermain anak, teori dan studi literature untuk mengetahui proses penyelesaian atas permasalahan yang dikemukakan yaitu kebutuhan ruang yang dibutuhkan sesuai dengan bakat dan kreatifitas pada anak sekolah dasar. | en_US |