Show simple item record

dc.contributor.authorRahadiyan P.P
dc.contributor.authorLubis, Mulyadi
dc.date.accessioned2016-10-28T08:53:40Z
dc.date.available2016-10-28T08:53:40Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/853
dc.description.abstractKarakteristik arus lalulintas suatu ruas jalan dipengaruhi oleh tiga parameter penting yang paling berpengaruh yaitu : kecepatan (speed), kepadatan (density) yang menggambarkan kualitas pelayanan suatu ruas jalan terhadap aliran lalulintas, dan parameter yang terakhir adalah volume yang mengukur kuantitas suatu aliran lalulintas dan elemen permintaan (demand) terhadop fasilitas jalan raya. Kasus yang ingin diangkat pada penelitian ini adalah mengenai perbandingan tinjauan pola arus lalulintas berdasarkan volume, kecepatan, dan kepadatan yang dapat menggambarkan tentang karakteristik jalan dengan analisis menggunakan model Greenshields, Greeenberg, dan Underwood mengambil lokasi pada ruas jalan Solo km 13.5 dan Jalan AM Sangaji.. Pengambilan data sebagai sampel pada masing-masing ruas jalan dilakukan selama 2 hari dan 12 jam, dengan pendataan volume dan kecepatan. Untuk memberikan hasil yang lebih bervariasi dan memberikan suatu perbandingan hasil maka data sempel untuk model Greenshields, Greenberg, dan Underwood dianalisis atau diolah menjadi tiga segmen yaitu dihitung selama 5 menit, 15 menit, dan satu jam. Data volume, kecepatan, dan kepadatan seluruhnya kemudian direkap untuk mendapatkan hubungan ketiga variabel tersebut dengan bantuan Microsoft Excel. Dan selanjutnya adalah meregresi data-data tersebut juga dengan bantuan MS-Excel untuk mendapatkan suatu persamaan regresi yang paling representatif secara statistik dengan konsep teoritis menurut Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Basil analisis regresi didapatkan untukjalan Solo km 13.5 hubungan S-D terbaik menurut ketiga model diwakili oleh persamaan Greenberg, hubungan V-D yang terbaik diwakili oleh persamaan Greenshields, dan untuk hubungan V-S terwakili oleh persamaan Underwood Untuk jalan AM Sangaji hubungan S-D terbaik menurut ketiga model diwakili oleh persamaan Greenberg, hubungan V-D yang terbaik diwakili oleh persamaan Underwood, dan untuk hubungan V-S terwakili oleh persamaan Underwood .Secara keseluruhan regresi yang paling baik diantara power dengan polynomial adalah polynomial. Dengan catatan pada jalan Solo model terbaik tersebut hanya bisa menggambarkan hubungan V-D, untuk hubungan S-D dan V-S kurang bisa diterima karena R Squarenya relatif kecil, sedangkan pada jalan AM Sangqji konsep model terbaik tersebut bisa menggambarkan hubungan antara S-D dan V-D untuk hubungan VS kurang bisa diterima.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectStudy Komparasien_US
dc.subjectKarakteristik Arus Lalu Lintasen_US
dc.subjectModel Greensideldsen_US
dc.subjectGreenbergen_US
dc.subjectUnderwooden_US
dc.subjectRuas-Ruas Jalan Jogjakartaen_US
dc.subjectStudi Kasusen_US
dc.subjectJalan Solo Km 13,5 dan Jalan AM Sangajien_US
dc.titleStudy Komparasi Karakteristik Arus Lalu Lintas Model Greensidelds, Greenberg, dan Underwood pada Ruas-Ruas Jalan Jogjakarta (Study Kasus : Jl Solo Km 13,5 dan Jl AM Sangaji)en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record