Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Ing. Ilya Fadjar Maharika MA., IAI,
dc.contributor.advisorSyarifah Ismailiyah A., ST., MT., IAI
dc.contributor.authorArief Hidayaturrahman, 14512070
dc.date.accessioned2018-07-04T16:38:37Z
dc.date.available2018-07-04T16:38:37Z
dc.date.issued2018-06-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8201
dc.description.abstractKemudahan transaksi e-commerce (electronic commerce) memberikan ancaman yang nyata bagi usaha perdagangan yang mengandalkan sistem offline. Fenomena ditinggalkannya fisik bangunan sebagai tempat berbelanja oleh konsumen semakin banyak terjadi, transaksi perdagangan yang sekarang dengan mudah bisa dilakukan via smartphone ataupun gadget oleh pembeli dan penjual terbukti lebih banyak dipilih karena efisiensinya dari segi waktu, tenaga, dan uang. Isu tentang keberlajutan bangunan arsitektur sebagai wadah tempat terjadinya transaksi perdagangan pun mulai dipertanyakan. Pasar tradisional adalah salah satu bangunan tempat transaksi perdagangan dilakukan secara konvesional. Dengan perkembangan e-commerce yang setiap saat semakin pesat, keberadaan pasar tradisional sebagai wujud yang terbentuk dari aktifitas sosial warga disekitarnya bukan tidak mungkin akan ditinggalkan. Eksistensi Pasar Pathuk yang merupakan salah satu dari pasar tradisional di kota Yogyakarta sangat mungkin terancam. Sehingga perlu adanya strategi-strategi di bidang arsitektur yang bisa membuat pasar sebagai bangunan sampai kapanpun akan tetap didatangi oleh penggunanya. Perancangan Projek Akhir Sarjana ini bertujuan merancang bangunan Pasar Pathuk yang sampai kapanpun akan tetap didatangi oleh pengunjungnya. Strategi yang digunakan adalah dengan menyuguhkan konsep pasar yang berorientasi pada pengalaman berkunjung dari pengunjungnya. Selain itu penerapan e-commerce pada Pasar Pathuk pun akan diterapkan sebagai bentuk perluasan jangkaun pemasaran pasar. Akan tetapi pengaplikasian e-commerce pada bangunan tidak langsung dilakukan melainkan menunggu pengguna pasar dalam hal ini pedagang pasar harus terlebih dahulu mengerti tentang perdagangan secara online. Sehingga dalam proses transisi dari sistem pemasaran konvensional ke sistem e-commerce, konsep open building akan diterapkan pada bangunan Pasar Pathuk.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPasar Pathuken_US
dc.subjectE-commerceen_US
dc.subjectOpen Buildingen_US
dc.titlePASAR PATHUK 4.0 dengan Pendekatan Open Buildingen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record