Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Toko Terhadap Ekuitas Merek Pada Laptop Merek Asus di Wilayah Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan citra toko terhadap ekuitas merek pada laptop merek Asus di wilayah Yogyakarta, lalu mengetahui pengaruh intensitas distribusi, iklan, promosi harga, dan citra toko secara simultan dan parsial terhadap ekuitas merek pada laptop merek Asus di wilayah Yogyakarta. Walaupun banyak penelitian yang telah dilakukan, namun penelitian ini diharapkan dapat memperkuat penelitian sebelumnya. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 200 responden, dimana 170 responden diperoleh melalui kuesioner online dan 30 responden diperoleh melalui kuesioner fisik. Sebagai variabel independen pada penelitian ini adalah intensitas distribusi, iklan, promosi harga, dan citra toko. Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah ekuitas merek. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan 4 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas distribusi, promosi harga, dan citra toko berpengaruh positif terhadap ekuitas merek, hal ini berarti bahwa semakin tinggi intensitas distribusi, promosi harga, dan citra toko akan meningkatkan ekuitas merek dan demikian pula sebaliknya. Sedangkan iklan berpengaruh negatif terhadap ekuitas merek, hal ini berarti bahwa semakin sering iklan ditampilkan, memungkinkan konsumen merasa bosan dan akan mengurangi ekuitas merek dan demikian pula sebaliknya.
Collections
- Management [4524]