Show simple item record

dc.contributor.advisorChandra Kusuma Dewa, S.Kom., M.Cs.
dc.contributor.authorDadan Mahardhika Siagian, 12523055
dc.date.accessioned2018-05-28T15:06:53Z
dc.date.available2018-05-28T15:06:53Z
dc.date.issued2018-04-02
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/7656
dc.description.abstractPesatnya perkembangan teknologi seharusnya dapat mempermudah seseorang untuk belajar. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi tersebut dapat mengurangi motivasi seseorang untuk belajar. Hal ini dikarenakan banyak hal yang lebih menarik yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi tersebut, seperti halnya bermain game. Game merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu dalam mengenal hewan-hewan laut. Game pengenalan hewan laut yang termasuk dalam genre racing game memasukkan metode belajar dan bermain di dalamnya, yang dapat membuat seseorang mengetahui informasi mengenai hewan laut dan klasifikasi ilmiahnya. Game pengenalan hewan laut ini dibangun menggunakan Unity, dan bahasa C#. Game ini memanfaatkan sensor accelerometer yang ada pada smartphone untuk menggerakkan karakternya. Accelerometer adalah sensor yang digunakan oleh sistem untuk mendeteksi orientasi suatu perangkat berdasarkan gerakan ke segala arah yang memungkinkan fitur untuk bertindak. Untuk proses merancang game ini, digunakan diagram HIPO (Hierarchy plus Input Process Output), dimana di dalamnya terdapat VTOC, Overview Diagram, dan Detail Diagram. Adobe Photoshop digunakan untuk proses pembuatan dan manipulasi gambar. Untuk membuat objek lintasan balap dan ikan, digunakan software Blender. Untuk membuat musik dan suara tombol, digunakan software FL Studio. Tujuan dibangunnya game pengenalan hewan laut ini adalah untuk menyediakan media belajar alternatif yang menarik, dan membuat seseorang dapat belajar mengenal hewan laut secara tidak langsung. Dengan antarmuka yang sederhana dan gameplay yang tidak terlalu sulit sehingga dapat dimainkan oleh pengguna semua umur, game pengenalan hewan laut diharapkan dapat mencapai tujuan dari penelitian ini. Untuk mencapai tujuan dari penelitian, dilakukanlah pengujian. Pengujian dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian dengan kuesioner dan pengujian perangkat. Dari pengujian yang telah dilakukan, game pengenalan hewan laut ini dapat menjadi media belajar alternatif yang efektif dan menarik bagi para pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectaccelerometeren_US
dc.subjectandroiden_US
dc.subjectgameen_US
dc.subjecthewan lauten_US
dc.subjectHIPOen_US
dc.subjectracingen_US
dc.subjectunityen_US
dc.titleGAME PENGENALAN HEWAN LAUT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ACCELEROMETERen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record