PENGARUH PRAKTEK MANAJEMEN LABA TERHADAP REAKSI PASAR ATAS INFORMASI LABA PERUSAHAAN” (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2012-2016 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”
Abstract
Manajemen laba adalah tindakan manajer yang mempengaruhi informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen laba terhadap reaksi pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 100. Data dikumpulkan menggunakan data sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data menggunakan analisis asumsi klasik, analisis regresi, dan uji independen t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh manajemen laba terhadap reaksi pasar. Dan terdapat perbedaan reaksi pasar atas manajemen laba antara perusahaan besar dan perusahaan kecil.
Collections
- Akuntansi [4399]