Show simple item record

dc.contributor.advisorMira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi.
dc.contributor.author10320072, Supriatun
dc.date.accessioned2018-05-26T16:04:28Z
dc.date.available2018-05-26T16:04:28Z
dc.date.issued2014-11-13
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/7622
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penalaran moral dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Hipotesis awal penelitian ini menyatakan apakah ada hubungan negatif antara penalaran moral dengan perilaku bullying pada remaja?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XII, berusia antara 16-18 tahun yang masih aktif sekolah di Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan angket yang terdiri dari skala defining issues test (Martani, 1987) dan skala bullying yang dimodifikasi oleh (Ayurani, 2012). Metode analisis data menggunakan program SPSS 16.00 for Windows untuk mengetahui apakah terdapat hubungan negatif antara penalaran moral dengan perilaku bullying pada remaja. Hasil korelasi Product Moment Pearson menunjukkan nilai r = 0.246, p = 0.021 (p < 0.05). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara penalaran moral dengan perilaku bullying pada remaja. Semakin tinggi penalaran moral maka semakin tinggi pula perilaku bullying, sebaliknya semakin rendah penalaran moral maka semakin rendah pula perilaku bullying.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectbullyingen_US
dc.subjectpenalaran moralid
dc.subjectremajaid
dc.titleHubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying pada Remajaid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record