dc.contributor.advisor | Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi. | |
dc.contributor.author | 10320072, Supriatun | |
dc.date.accessioned | 2018-05-26T16:04:28Z | |
dc.date.available | 2018-05-26T16:04:28Z | |
dc.date.issued | 2014-11-13 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/7622 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penalaran moral
dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Hipotesis awal penelitian
ini menyatakan apakah ada hubungan negatif antara penalaran moral dengan
perilaku bullying pada remaja?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan
siswi kelas XII, berusia antara 16-18 tahun yang masih aktif sekolah di
Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan angket yang terdiri dari skala
defining issues test (Martani, 1987) dan skala bullying yang dimodifikasi oleh
(Ayurani, 2012). Metode analisis data menggunakan program SPSS 16.00 for
Windows untuk mengetahui apakah terdapat hubungan negatif antara penalaran
moral dengan perilaku bullying pada remaja. Hasil korelasi Product Moment
Pearson menunjukkan nilai r = 0.246, p = 0.021 (p < 0.05). Hasil analisis
menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara penalaran moral dengan perilaku
bullying pada remaja. Semakin tinggi penalaran moral maka semakin tinggi pula
perilaku bullying, sebaliknya semakin rendah penalaran moral maka semakin
rendah pula perilaku bullying. | id |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | id |
dc.subject | bullying | en_US |
dc.subject | penalaran moral | id |
dc.subject | remaja | id |
dc.title | Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying pada Remaja | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |