dc.contributor.advisor | Dr. rer. nat Arief Fahmie, S.Psi., MA., Psikolog | |
dc.contributor.author | Casela, Farah Aulia, 10320083 | |
dc.date.accessioned | 2018-05-26T15:42:05Z | |
dc.date.available | 2018-05-26T15:42:05Z | |
dc.date.issued | 2014-11-12 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/7616 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi kebermanfaatan
dan persepsi kemudahan terhadap intensi menggunakan M-Commerce.
Terdapat tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: 1) adanya
hubungan positif dan signifikan antara persepsi kebermanfaatan dan persepsi
kemudahan terhadap intensi menggunakan M-Commerce, 2) adanya
hubungan positif dan signifikan antara persepsi kebermanfaatan terhadap
intensi menggunakan M-Commerce, dan 3) adanya hubungan positif dan
signifikan antara persepsi kemudahan terhadap intensi menggunakan MCommerce.
Subjek dalam penelitian ini berjumlah 103 orang yang merupakan
mahasiswa Universitas Islam Indonesia berusia antara 18 hingga 24 tahun dan
minimal menggunakan smartphone selama 6 bulan. Penelitian ini
menggunakan tiga alat ukur, yaitu: skala intensi menggunakan M-Commerce
yang dikembangkan melalui aspek intensi mengunakan dari Fishbein and
Ajzen (1975), skala persepsi kebermanfaatan dan skala persepsi kemudahan
yang dikembangkan melalui indikator Davis (1989). Metode analisis yang
digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara
persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap intensi
menggunakan M-Commerce (p=0,00 (p<0,05)). Ada hubungan positif dan
signifikan antara persepsi kebermanfaatan dan intensi menggunakan MCommerce
(p = 0,028 (p<0,05)). Dan persepsi kemudahan juga berhubungan
positif dan signifikan terhadap intensi menggunakan M-Commerce (p=0,00
(p<0,05)). Analisis koefisien determinasi (Adjusted R2) menunjukkan
sumbangan persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan sebesar 48,3%
terhadap intensi menggunakan M-Commerce. Dengan demikian, ketiga
hipotesis diterima. | id |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | id |
dc.subject | Persepsi Kebermanfaatan | id |
dc.subject | Persepsi Kemudahan | id |
dc.subject | Intensi Menggunakan | id |
dc.subject | M-Commerce | id |
dc.title | Hubungan Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Intensi Menggunakan M-Commerce pada Mahasiswa | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |