Show simple item record

dc.contributor.authorYoga Saputra, Novendra
dc.date.accessioned2018-05-26T13:26:22Z
dc.date.available2018-05-26T13:26:22Z
dc.date.issued2018-03-20
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/7593
dc.description.abstractAktivitas non-akademik meliputi ekstrakurikuler dan Bimbingan Konseling (BK). Ekstrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuan siswa di berbagai bidang selain akademik. Sedangkan Bimbingan Konseling bertujuan untuk mengawasi, membimbing, serta memberikan informasi kepada siswa di Sekolah Menengah Pertama. Selama proses aktivitas akademik terdapat pengelolaan data agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, pengelolaan data kegiatan ekstrakurikuler tersebut meliputi pendaftaran ekstrakturikuler, jadwal, presensi nilai dan pendanaan. Sedangkan pengelolaan data Bimbingan Konseling (BK) meliputi pencatatan keterlambatan, pencacatan perizinan, pelanggaran dan prestasi siswa. Data yang harus dikelola tersebut membutuhkan sebuah sitem untuk memanajemen data tersebut yang tujuannya memudahkan guru dalam melakukan pencarian, penyimpanan dan pengelolaan data. Tugas akhir ini merupakan pengembangan dari tugas akhir sebelumnya. Pada sebelumnya telah dilakukan rekayasa kebutuhan perangkat lunak yang menghasilkan sebuah rancangan atau permodelan sistem informasi yang dirancang dengan cara menganalisis kebutuhan sistem. Sedangkan tugas akhir ini berfokus pada pengembangan, mengimplementasikan dan pengujian sistem informasi. Proses pengembangan sistem informasi ini menggunakan framework CodeIgniter, dan menggunakan bahasa PHP juga menggunakan Database MySQL. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode Usability Testing untuk mengetahui kualitas sistem dari sisi pengguna. Pengujian dilakukan pada 4 Sekolah Menengah Pertama di kota DIY dan kabupaten Sleman yaitu 1. SMP Negeri 5 Yogyakarta 2. SMP Negeri 8 Yogyakarta 3. SMP Piri Ngaglik dan 4. MTs Sunan Pandanaran. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali. Menurut hasil pengujian, sistem memiliki kemajuan dari pengujian tahap 1 ke pengujian tahap 2. Nilai Subjective User Preference meningkat yaitu pada pengujian tahap 1 sebesar 46,675 menjadi sebesar 56,666 pada pengujian tahap 2.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectSekolah Menengah Pertama (SMP)en_US
dc.subjectEkstrakurikuleren_US
dc.subjectBimbingan Konselingen_US
dc.titleSISTEM INFORMASI EKSTRAKURIKULER DAN BIMBINGAN KONSELING PADA SMP DI DIYen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record