Show simple item record

dc.contributor.advisorNur Widiasmara, S.Psi., M.Psi
dc.contributor.authorRika yasufi majrika, 14320210
dc.date.accessioned2018-05-24T15:23:42Z
dc.date.available2018-05-24T15:23:42Z
dc.date.issued2018-04-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7549
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan social dengan stres akademik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara dukungan sosial dengan stres akademik pada remaja SMA di Yogyakarta. Untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti melakukan pengambilan data menggunakan skala stres akademik dikembangkan oleh Wulandari (2014) dengan menggunakan teori Sarafino dan Smith. Aitem dalam skala stres akademik ini terdiri aitem dari 40 aitem. Skala dukungan sosial pada penelitian ini skala yang dikembangkan oleh peneliti menggunakan skala Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) yang dikembangkan oleh Zimet, dkk (1988) dengan menambahkan teori Sarafino (1994). Skala disebarkan kepada 216 siswa-siswi SMA yang ada di Yogyakarta. Dari hasil uji korelasional, ditemukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara dukungan sosial dan stres akademik (p < 0,05) dengan nilai signifikansi p=0,05. Koefisien korelasi (r) dari uji hipotesis ini adalah -0,176, yang menunjukkan hubungan negatif dari kedua variabel. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti dapat dibuktikan dari hasil penelitian ini, yaitu bahwa dukungan sosial memiliki hubungan negatif dengan stres akademik.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectSTRES AKADEMIKen_US
dc.subjectDUKUNGAN SOSIALen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA REMAJA SMA DI SMA YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record