Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Hudaya M.M.
dc.contributor.authorFaluthi, Indra Miftah, 09522263
dc.date.accessioned2018-05-23T15:32:13Z
dc.date.available2018-05-23T15:32:13Z
dc.date.issued2014-11-28
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/7524
dc.description.abstractPerformansi mesin pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya jasa penyebrangan laut sangat berpengaruh dalam proses bisnis perusahaan, salah satunya perusahaan jasa penyebrangan laut PT Tribuana Antar Nusa. Penelitian ini membahas tentang mesin bantu kapal yang berfungsi mensuplai listrik kapal laut, suplai listrik yang digunakan untuk mesin, panel anjungan dan seluruh kegiatan yang memerlukan listrik di dalam kapal. Apabila terjadi kerusakan pada mesin bantu kapal tersebut maka kapal tidak bisa berjalan sepenuhnya dan tentunya merugikan perusahaan. Selain pentingnya mesin bantu kapal bagi keberlangsungan proses bisnis perusahaan, mesin bantu yang sudah berumur lebih dari 30 tahun merupakan kendala tersendiri. Untuk itu digunakan metode Reliability Centered Maintenance II (RCM II), untuk menyempurnakan kegiatan preventive maintenance, mengoptimalkan kegiatan maintenance dengan budget yang efisien dan mengoptimalkan pemakaian umur aset, dan lain-lain. Dari hasil analisa kuantitatif yang dilakukan terdapat 12 komponen yang merupakan komponen kritis pada mesin bantu kapal Daihatsu 6 PSHtc – 26 H dengan masing-masing interval perawatan, yaitu O-ring Connector 25 x 6,5 mm 983,74 jam; O-ring Push rod 32,5 x 30 mm 993,21 jam; Gasket, O-ring filter LO 2026,91 jam; Packing Karet Filter FO 2194,91 jam; Cap, push rod 2292,00; Gasket, Gas Inlet Pipe (2) 2886,75 jam; O-ring Connector 20 x 5,5mm 4897,03 jam; Gasket 17, Ring Indicator 3394,62 jam; Gasket 107, Ring Exhaust Valve 3368,41 jam; Gasket Cyl Head-E 3886,41 jam; Gasket (2), Head Cover 4860,31 jam dan Seat, Nozzle Holder 4104,00 jam. Sedangkan dari hasil analisa kualitatif yang dilakukan, komponen yang mengalami kegagalan fungsi dan memiliki nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi yaitu oil pump dengan urutan Oil Pump 276, Engine 250, Fuel Oil Injector 135, Turbo Charger 130, Cooler 80.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectmesin bantu kapalid
dc.subjectRCM IIid
dc.subjectkomponen kritisid
dc.subjectkeandalanid
dc.subjectFBDid
dc.subjectFMEAid
dc.subjectLTA dan RCM II decision worksheetid
dc.titleUsulan Perencanaan Perawatan Mesin Bantu Kapal Daihatsu 6 Pshtc – 26h Dengan Metode Reliability Centered Maintenance II (Rcm II)id
dc.typeUndergrgaduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record