Metode Uswah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Bagi Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta
Abstract
Persoalan yang dihadapiolehanaktunagrahitadalammengikuti proses pembelajaranmengalamikesulitan yang disebabkanmemilikiintelegensi di bawah rata-rata, sehinggadalam proses pembelajarananak tuna grahitamemerlukanpendekatandanpembelajaransecarakhusus.
Sementarakenyataan di lapanganmenunjukkanbahwa program pendidikananaktunagrahita yang terjadi di sekolahluarbiasasaatinimasihsangatmenekankankepadaaspekpengajaran yang bersifatakademik. Salahsatumetodependidikan yang di anggapbesarpengaruhnyaterhadapkeberhasilan proses belajarmengajaradalahmetodependidikandenganketeladanan. Yang di maksudmetodeketeladanan di siniyaitusuatupendidikandengancaramemberikancontoh yang baikkepadapesertadidik, baikdalamucapanmaupundalamperbuatan.Terutamamengenaipenyampaiandalampembelajaranterhadapanaktunagrahita yang berbedadengananak normal yang denganmudahdapatmencernamateripelajaran
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipenerapan Metode Uswah Pada Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Bagi Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta.SubjekpenelitianiniadalahAnakTunagrahita di SLB Negeri I Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahdenganmenggunakanpendekatankualitatif. Pengumpulan data dilakukandenganobservasi, danwawancara. Analisis data yang digunakanadalah model interaktif yang diajukan Miles danHuberman.Hasil penelitian menunjuk penerapanmetodeuswahpadapembelajaranpendidikan agama islam di SLB N 1 Slemanmampumeningkatankualitasakhlak para pesertadidik yang menyandangcacattunagrahita, dengan faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
Collections
- New Submissions [126]