PENGARUH PEMBIASAAN PRAKTIK KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD SOKOWATEN BARU BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN 2018
Abstract
Proses pendidikan adalah proses pembiasaan demikian pula dalam proses membentuk karakter anak, salah satu strateginya dapat dilakukan melalui proses pembiasaan di lingkungan sekolah atau melalui budaya sekolah. Proses pembiasaan berlangsung sepanjang hayat, dimana dalam proses tersebut harus ada pendidik yang memberikan keteladanan dan mampu membangun kemauan, serta mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan praktik keagamaan terhadap karakter siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Sokowaten Baru. Sampel penelitian ini adalah 80 responden dengan teknik Non probability sampling dengan Quota sampling.. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis regresi yang didukung oleh uji normalitas dan uji linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif yang signifikan pembiasaan praktik keagamaan terhadap pembentukan karakter siswa. Semakin tinggi pembiasaan praktik keagamaan maka pembentukan karakter siswa semakin tinggi, sebaliknya jika pembiasaan praktik keagamaan rendah maka pembentukan karakter siswa semakin rendah. Hasil perhitungan statistik ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menerangkan variasinya perubahan variabel dependen sebesar 74.1%, sedangkan sisanya sebesar 25.9% dipengaruhi oleh variabel lain.