PENGARUH SELF CONTROL, ASERTIVITAS DAN HARDINESS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA
Abstract
Prokrastinasi adalah penundaan yang disengaja dan berulang, dengan melakukan
aktivitas lain yang tidak diperlukan dalam perjalanan kerja. Prokrastinasi akademik
dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
prokrastinasi akademik adalah kondisi psikologis individu. Rumusan masalah
penelitian ini yaitu seberapa tinggi pengaruh self control, asertivitas, dan hardiness
secara simultan dan parsial terhadap prokrastinasi pada mahasiswa Program Studi
Psikologi UII Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh self control, asertivitas, dan hardines simultan dan parsial terhadap
prokrastinasi pada mahasiswa Program Studi Psikologi UII Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh mahasiswa Psikologi UII Yogyakarta angkatan tahun 2011 sampai 2017.
Sampel penelitian ini adalah 110 responden dengan teknik Non probability sampling
dengan Quota sampling.. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner
sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis regresi yang didukung oleh uji
normalitas, uji multicolonierity, heteroskedasitas, dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif dan signifikan antara self
control, asertivitas, dan hardiness terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa
Psikologi UII Yogyakarta. Kontribusi variabel self control, asertivitas, dan hardiness
terhadap prokrastinasi akademik adalah 92,3%. Sedangkan konstribusi parsial
variabel independen terhadap prokrastinasi akademik yaitu variabel self control
sebesar 86.8%, variabel asertivitas sebesar 86.5%, variabel hardiness sebesar 35.7%.