KONTRIBUSI SOSIALISASI LAZIS NU KOTA YOGYAKARTA TERHADAP PERILAKU MUZAKKI DALAM MENUNAIKAN ZAKAT
Abstract
Sosialisasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam pengelolaan zakat memiliki urgensi karena pelaksanaan sosialisasi mengenai penghimpunan dana zakat mestinya dilaksanakan secara efektif dan efisien, sehingga dapat menghemat biaya oprasional dan yang paling utama dapat menimbulkan rasa percaya masyarakat terhadap lembaga tersebut. Penelitian ini mencoba untuk mendiskripsikan hasil dari kontribusi sosialisasi yang diterapkan LAZIS NU Kota Yogyakarta apakah sudah memberikan perubahan perilaku muzakki untuk konsisten dalam menunaikan zakat di lembaga tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menggambarkan reallitas tentang kontribusi sosialisasi LAZISNU Kota Yogyakarta terhadap perilaku muzakki dalam menunaikan zakat yang kemudian dianalisis untuk melakukan pengukuran dengan menggunakan teori-teori yang relevan dengan masalah yang diangka. Penelitian ini juga menggali proses strategi sosialisasi yang diimplimplikasikan LAZISNU Kota Yogyakarta. Metode peneletian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa dalam mengimplikasiakan sosialisasi LAZISNU Kota Yogyakarta belum begitu maksimal dalam pelaksanaanya meskipun memang dalam teori manajemen sosialisasi OPZ ataupun UU No. Tahun 2011 tentang sosialisasi sudah ideal. Adapun kiat strategi sosialisasi yang sudah diimplikasikan penyebaran brosur, pembuatan, pemasangan spanduk, tatap muka dan pembuatan akun media sosial. Sedangkan strategi sosialisasi yang sudah berjalan sudah dapat merubah perilaku muzakki dalam menunaikan zakat di LAZISNU Kota Yogyakarta, meskipun demikian jumlah yang menjadi target belum bisa terpenuhi dikarenakan manajemen secara keseluruhan di internal pengurus masih terdapat masalah yang dapat menumbuhkan kepercayaan muzakki.