Analisis Koordinasi Lampu Lalu Lintas antara Perempatan Korem dan Pertigaan Terban
View/ Open
Date
1989Author
84310138, Cokroaminoto
84310072, Suharwanta
Metadata
Show full item recordAbstract
Sejalan dengan pesatnya laju pembangunan dan meningkatnya
kemakmuran maka jumlah pemilikan kendaraan sebagai alat
transportasi mengalami pertumbuhan yang cepat. Pertumbuhan
pemilikan kendaraan ini harus diimbangi dengan peningkatan
prasarana jalan raya. Sesuai dengan judul penelitian masalah
yang ditinjau adalah koordinasi lampu lalu 1intas antara
perempatan Korem dan pertigaan Terban yang berhubungan
dengan tingkat pelayanan dan waktu penundaan.
Penelitian ini di1akukan dengan cara menghitung vo1ume
lalulintas jam sibuk di masing-masing kaki persimpangan dan
kondisi lampu lalu lintas yang ada sekarang. Selain itu juga
mengukur geometrik jaIan, kecepatan kendaraan, dan aktivitas
parkir.
Hail analisis menunjukkan tingkat pelayanan F dan
tidak ada koordinasi yang baik antar kedua persimpangan.
Sehingga keadaan ini tak bisa di terima, maka harus diadakan
pemecahan masalah. Setelah dilakukan 2 alternatif pemecahan
masalah. maka alternatif I lebih baik dari pada alteniatif
II. Karena tingkat pelayanan naik menjadi B di perempatan Korem dengan waktu penundaan 12,322 detik per kendaraan, dan C di pertigaan Terban dengan waktu penundaan 21,96 detik per kendaraan. Tetapi koordinasi lampu lalu lintas yang baru belum memuaskan, karena kendaraan yang bergerak melewati phase hijau pada persimpangan Korem dengan kecapatan konstan 5,4 menit/det, tidak selalu dapat melalui pertigaan Terban tanpa terhenti oleh lampu merah. Begitu juga dari arah berlawanan. Hal ini disebabkan oleh panjang putaran kedua persimpangan tidak sama, yaitu disesuaikan dengan volume lalu lintas pada masing-masing kaki persimpangan, pemecahan masalah tingkat pelayanan dari F menjadi B dan C, bisa memperlancar dan mengimbangi pertumbuhan arus lalu lintas selama 3, 11 tahun mendatang.
Collections
- Civil Engineering [4100]