Pembangunan Polyhedron dari Sketsa Natural dengan Meminimalkan Jumlah Elemen Tidak Terlihat
Abstract
Selama ini selalu limhul kesutitan dalam usaha untuk membangun polyhedron dari
sebuah sketsa natural dengan benar mengunakan AutoCAD. Hal ini dikarenakan
permasalahan yang ada selalu dipandang sebagai sebuah masalah "image
processing" atau ''computer vision". Padahal seharusnya masalah ini merupakan
sebuah permasalahan dalam mengambarkan sebuah grafik. Akibat dari kesalahan
inilah maka solusi yang diberikan selama ini menjadi kurang memuaskan, untuk
alasan itulah penelitian ini dilakukan. Dimana dalam penelitian ini permaslahan yang
ada digolongkan sebagai permasalahan grafik. Untuk itu metode yang digunakan
adalah dengan menerapkan ilmu yang terdapat di dalam teori grafik (grap leory).
Di dalam teori grafik masaiah ini akan diselesaikan mengunakan metode
meminimalkan sebuah grafik, yaitu melalui operasi "merger" dan "delete".
Penelitian ini menggunakan metode baru yang berbeda dengan penelitian yang
dilakukan sebelumnya. Metode yang digunakan adalah dengan mengunakan
algoritma dari teori grafik yang digunakan untuk mencari jumlah elemen tidak
terlihat yang terbentuk dari sebuah sketsa natural. Dimana hasilnya akan digunakan
untuk meminimalkan sketsa kerangka awal yang dibuat. Selanjutnya sketsa kerangka
yang dihasilkan akan divalidasi menggunakan hasil perhitungan yang dilakukan
sebelumnya. Dari keenam sketsa natural yang menjadi obyek penelitian semuanya
berhasil dibuat menjadi polyhedron yang solid, valid dan memiliki sifat natural. Ini
membuktikan bahwa metode yang digunakan dapat menyelesaikan permasalahan
yang ada dengan benar.
Collections
- Industrial Engineering [2224]