Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Lantip Prasojo M.Pd
dc.contributor.authorZUFAJRI, 14913049
dc.date.accessioned2018-05-02T15:12:16Z
dc.date.available2018-05-02T15:12:16Z
dc.date.issued2018-04-28
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/7238
dc.description.abstractKegiatan ekstrakurikuler di suatu lembaga pendidikan menjadi salah satu indikator kualitas pendidikan di dalamnya secara menyeluruh. Bahkan, dalam sekolah-sekolah unggulan ekstrakurikuler mendapatkan prioritas utama dalam rangka mengangkat prestige sekolah yang dikelolanya. Fokus penelitian ini adalah adanya menejemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan mutu Sekolah. Pertanyaan Penelitian ini adalah (1) bagaimana manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan mutu Sekolah di SMA Muhammadiyah Imogiri Yogyakarta?; (2) apa aja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan mutu Sekolah di SMA Muhammadiyah Imogiri Yogyakarta?; (3) bagaimana mutu sekolah setelah diadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SMA Muhammadiyah Imogiri Yogyakarta? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek kurikulum, koordinator kegiatan ekstrakurikuler, dan guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana 2014 yaitu pengumpulan data, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SMA Muhammadiyah Imogiri meliputi: pertama, Perencanan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Hal yang direncanakan adalah guru, siswa, sarana dan jadwal kegiatan; kedua, Pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler dikelompokan menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler berjalan disetiap harinya sesuai dengan jadwal yang telah disusun; ketiga, Evaluasi kegiatan ekastrakurikuler dilakukan setiap tiga bulan sekali. Hal yang dievaluasi meliputi target yang telah ditetapkan, seperti target juara yang ingin diraih sekolah; (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu sarana dan prasarana, dana, siswa, serta guru pembina yang kompeten dibidangnya. Faktor yang menghambatnya yaitu kehadiran siswa, kekurangan dana, dan ada juga faktor cuaca; (3) Kualitas pendidikan setelah diadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler tergolong baik dan semakin meningkat. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan lancar, dan berkat adanya manajemen kegiatan ekstrakurkuler yang baik, SMA Muhammadiyah Imogiri dapat meraih prestasi non akademik.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectManajemenen_US
dc.subjectEkstrakurikuleren_US
dc.subjectManajemen Ekstrakurikuleren_US
dc.subjectMutu Sekolahen_US
dc.titleMANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTAen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record