dc.description.abstract | Penelitian ini mengangkat tema tentang e-learning sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan intelektual dan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa FIAI UII Yogyakarta. Dengan batasan e-learning sebagai pembelajaran yang menggunakan perangkat teknologi informasi. Alasan menggunakan e-learning dalam pembelajaran ini dikarenakan jumlah belajar tatap muka dirasa masih kurang memperluas dan memperdalam materi pembelajaran, maka dengan fasilitas media e-learning membantu mahasiswa mengakses materi pembelajaran dimana dan kapan saja.
Rumusan masalah yaitu seberapa tinggi pengaruh penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran untuk meningkatakan kemampuan intelektual dan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa FIAI UII Yogyakarta.
Teori yang mendasari dalam penelitian ini e-learning dengan memanfaatkan teknologi informasi. Jenis penelitian menggunakan pendakatan kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi pengaruh e-learning sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan intelektual terdapat setinggi 91,30%, adanya pengaruh yang positif dan signifikan, dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis terdapat setinggi 94,40%, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan. Data tersebut di ambil dari sampel sebanyak 130 mahasiswa dengan frekuensi prodi Pendidikan Agama Islam 55 mahasiswa terdapat 42.4%, hukum Islam 31 mahasiswa terdapat 23.8%, Ekonomi Islam 44 mahasiswa terdapat 33.8%. | en_US |