Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Hujair AH Sanaky,MSI
dc.contributor.authorTUTI NURIYATI, 16913066
dc.date.accessioned2018-05-02T14:22:28Z
dc.date.available2018-05-02T14:22:28Z
dc.date.issued2018-04-28
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/7227
dc.description.abstractPenelitian ini mengangkat tema tentang e-learning sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan intelektual dan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa FIAI UII Yogyakarta. Dengan batasan e-learning sebagai pembelajaran yang menggunakan perangkat teknologi informasi. Alasan menggunakan e-learning dalam pembelajaran ini dikarenakan jumlah belajar tatap muka dirasa masih kurang memperluas dan memperdalam materi pembelajaran, maka dengan fasilitas media e-learning membantu mahasiswa mengakses materi pembelajaran dimana dan kapan saja. Rumusan masalah yaitu seberapa tinggi pengaruh penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran untuk meningkatakan kemampuan intelektual dan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa FIAI UII Yogyakarta. Teori yang mendasari dalam penelitian ini e-learning dengan memanfaatkan teknologi informasi. Jenis penelitian menggunakan pendakatan kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi pengaruh e-learning sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan intelektual terdapat setinggi 91,30%, adanya pengaruh yang positif dan signifikan, dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis terdapat setinggi 94,40%, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan. Data tersebut di ambil dari sampel sebanyak 130 mahasiswa dengan frekuensi prodi Pendidikan Agama Islam 55 mahasiswa terdapat 42.4%, hukum Islam 31 mahasiswa terdapat 23.8%, Ekonomi Islam 44 mahasiswa terdapat 33.8%.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectE-Learningen_US
dc.subjectkemampaun Intelektualen_US
dc.subjectketerampilan berpikir kritis.en_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTAen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record