IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA HOTEL SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM STUDI SOFYAN INN HOTEL UNISI YOGYAKARTA
Abstract
Islam adalah agama yang mengajarkan keselamatan. Hotel syariah merupakan sebuah strategi yang menggabungkan antara bisnis hotel konvensional dengan memasukan nilai-nilai Islam di dalamnya mulai dari produk, pelayanan serta pengelolaannya. Konsep syariah dalam manajemen hotel merupakan sebuah inovasi baru, namun hal ini justru banyak diminati oleh masyarakat dan wisatawan yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Implementasi Bauran Pemasaran pada Sofyan Inn Hotel Unisi dalam Perspektif Ekonomi Islam sebagai hotel syariah. Subjek dalam penelitian ini adalah implementasi bauran pemasaran dengan nara sumber General Manager, Marketing Manager, Executif Secretary, dan karyawan di Sofyan Inn hotel Unisi. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa Sofyan Inn Hotel Unisi dalam mengimplementasikan bauran pemasarannya lebih banyak memunculkan brand sofyan yang dijadikan strategi sebagai konsep hotel syariah karena telah diakui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bauran pemasaran itu termaktub didalam aturan dan kebijakan hotel pada keseluruhan manajemennya. Sedangkan untuk penerapan prinsip-prinsip pemasaran Islam yang dilakukan oleh hotel unisi yaitu prinsip ikhtiar, kejujuran, maslahah, amanah, keadilan, ikhlas dan bertanggung jawab dalam aspek pelayanannya. Di hotel Unisi juga tidak ada praktik-praktik yang diharamkan. Oleh sebab itulah hotel dengan konsep seperti ini pada kenyataannya banyak sekali diminati oleh wisatawan, baik muslim maupun non muslim, hal ini dikarenakan aspek kenyamanan dan keamanan yang diberikan oleh hotel Unisi sebagai syariah.