Show simple item record

dc.contributor.advisorHarwati S.T., M.T.
dc.contributor.authorYusuf, Muhammad Rizki, 12522240
dc.date.accessioned2018-04-26T16:15:57Z
dc.date.available2018-04-26T16:15:57Z
dc.date.issued2017-10-14
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/7143
dc.description.abstractDemi menjamin dan meyakinkan konsumen bahwa produk yang dihasilkannya adalah produk yang benar-benar berkualitas maka sebuah perusahaan dalam melakukan pemilihan supplier sebagai pemasok bahan baku sangat diperhatikan, karena sebelum sebuah proses produksi memasuki tahap pengerjaan, terlebih dahulu dilakukan pembelian atau penyediaan bahan baku. Sebuah perusahan sudah pasti memiliki banyak pertimbangan dalam memilih bahan baku seperti nama besar dari perusahaan yang mengirim bahan baku. Keputusan sebuah perusahaan dalam memilih supplier bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan, karena pemilihan supplier merupakan masalah multi kriteria yang meliputi faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Oleh karena itu digunakan salah satu metode dari multi criteria decision making (MCDM) yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang merupakan sebuah metode pengambilan keputusan yang dikembangkan untuk pemberian proiritas beberapa alternatif ketika beberapa kriteria harus dipertimbngkan, serta mengijinkan pengambil keputusan untuk menyusun masalah yang kompleks ke dalam suatu bentuk hirarki atau serangkaian level yang terintegrasi dengan menyertakan ukuran-ukuran kualitatif dan kuantitatif. Lalu dikumpukan 10 skripsi dan jurnal yang berhubungan dengan supplier bahan baku kayu dan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Karena banyaknya kriteria yang muncul maka setelah terkumpul data kriteria yang digunakan dari berbagai skripsi dan jurnal dilakukan perhitungan frekuensi yang muncul dari kriteria tersebut dan menggabungkan keriteria yang satu lingkup kedalam kelompok kriteria. Dilanjutkan dengan memasukkan data frekuensi ke dalam diagram pareto dan digunakan 80% data yang sering muncul sabagai kriteria utama, didapatkan kriteria kualitas, harga, pengiriman, responsif dan order. Lalu di lakukan perhitungan AHP dengan meyebarkan 4 kuisioner kepada 4 expert yang ahli dalam pemilihan supplier bahan baku kayu. Lalu dilakukan rata-rata geometrik dilanjutkan dengan perhitungan priority weight dan konsistesi yang didapatkan hasil eugen vector tertinggi pada kriteria kualitas (0,37), harga (0,25), pengiriman (0,12) dan responsif (0,10) dengan rasio konsitensi sebesar 0,01. Uji sensitivitas cut off juga dilakukan dengan untuk menentukan seberapa besar perubahan yang terjadi jika ada salah satu kriteria yang hilang, dan hasilnya perubahan yang terjadi tidak signifikan, sehingga semua kriteria dapat digunakan.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectMCDMid
dc.subjectAHPid
dc.subjectSupplieren_US
dc.subjectKriteriaid
dc.subjectUji Sensitivitasid
dc.titlePenentuan Kriteria Terpenting dalam Pemilihan Supplier Bahan Baku di Industri Kayu Dengan Menggunakan Pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP)id
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record