Perbedaan Covitality Antara Siswa SMA Jurusan IPA dan IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan covitality antara
siswa SMA jurusan IPA dan IPS. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMAN 2
Ngaglik kelas 2 jurusan IPA dan IPS, 123 siswa 49 siswa laki-laki dan 74 siswa
perempuan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala yang
diterjemahkan peneliti berdasarkan Social Emotional Healthy Survey System yang
dikembangkan oleh Furlong (et al., 2013). Hasil analisis data menggunakan teknik
uji bedamann-whitneymenunjukkan bahwa ada perbedaan covitality siswa SMA
jurusan IPA dan IPSdengan nilai r = -0,315 dan p = 0,001 (p < 0,05), dan siswa
jurusan IPS lebih tinggi kesehatan sosial/emosinya dibandingkan siswa jurusan
IPA. Berdasarkan analisis tambahan, pada aspek percaya diri tidak terdapat
perbedaan covitality. Pada aspek percaya orang lain, kompetensi emosi dan
keaktifan hidup terdapat perbedaan yang signifikan
Collections
- Psychology [2270]